Minggu, 14 Desember 2014

Touring Sepeda TMII to Klender

[Minggu, 14 Desember 2014] Komunitas Bersepeda "Asmimja" sebanyak 98 orang telah berkumpul di Pintu Masuk TMII sekitar pukul 07.15. Setelah mempersiapkan perlengkapannya termasuk yang bertugas sebagai marshal berpakaian rompi kuning, kami semua bersiap untuk melakukan pemanasan sejenak. 

Olahraga merupakan kebutuhan pokok untuk setiap orang, karena dengan olahraga dapat memberikan kesegaran, kebugaran dan kesehatan. Akan tetapi jika melakukan olahraga tanpa adanya sebuah pemanasan tidak baik juga, karena otot yang terlalu difosir akan membuat cedera. Nah, untuk itu ada baiknya kita mengetahui manfaat pemanasan sebelum olahraga.

Sebelum kita masuk dalam pokok pembahasan manfaat pemanasan olah raga kita bahas dulu apa sih pemanasan itu? Pemanasan adalah beberapa gerakan persiapan tubuh sebelum melakukan inti kegiatan yang lebih berat. Melakukan pemanasan sebelum olahraga sangat penting dilakukan minimal 5-10 menit sebelum melakukan olah raga. Pemanasan sendiri dibedakan menjadi 2 macam, yaitu :
"Ayo Om Royan, segera pemanasannya nih, sudah siang ....", Kata Pak HAM
Om Royan, memimpin stretching dengan semangatnya.
Hati-hati terkilir pahanya Bang Haji.....
a) Pemanasan Stretching adalah bentuk dari penguluran atau peregangan pada otot-otot di setiap anggota badan agar dalam setiap melakukan olah raga terdapat kesiapan serta mengurangi dampak cedera yang sering terjadi.
b)  Pemanasan Calesthenic yaitu kegiatan yang dapat memelihara tubuh dan menjaga kesegaran jasmani, meningkatkan kelentukan dan keluwesan serta memelihara teknik dasar dan ketrampilan.

Manfaat dari pemanasan :
1. Meningkatkan suhu beserta jaringan-jaringannya
2. Menaikkan tingkat energi yang dikeluarkan oleh metabolisme tubuh
3. Menigkatkan kecepatan perjalanan sinyal syaraf yang memerintah- kan gerakan tubuh
4. Mempermudah otot-otot berkontaksi dan berelaksasi secara cepat
5. Melueskan otot sebelum melakukan fisik yang ekstra
6. Mengurangi dampak cedera
7. Mengurangi ketegangan.


Kemudian, setelah pemanasan selesai, diawali dengan "Bismillahirrahmanirrahim", Touring Komunitas Sepeda Asmimja dari TMII menuju Klender dilaksanakan. Para bikers dari Komunitas Sepeda Asmimja rata-rata cukup terlatih, terbukti rata-rata kecepatan bersepedanya 20 Km/Jam. Cukup cepat yang saya rasakan.

Kondisi sepeda saya yang bocor memaksa saya untuk pengawal naik motor untuk mengatur di setiap persimpangan jalan yang dilalui para Bikers Asmimja ini. Saya sempat tertinggal cukup jauh padahal hanya mampir di Indomaret untuk membeli minuman, karena para bikers berbelok ke kiri tanpa saya mengetahuinya ketika motor parkir di Indomaret, sehingga saya berjalan luruh dan kehilangan arah.

Paling Depan di kawal Motor, yang lainnya mengatur disetiap perlintasan
Oke bos, mantap khan?
Walaupun sampai di Finish dengan motor, ikut menikmati bubur kacang hijau, pisang dan Air mineral
Pak HAM sedang nyanyi atau ngasih arahan sih ?
Touring Sepeda Asmimja TMII to Klender, diakhiri dengan photo bersama

0 komentar :

Posting Komentar