Minggu, 23 November 2014

Pertanian Masuk Kota Bersama Panah Merah Poskota


[Minggu, 23 Nopember 2014] Benih pohon tomat dan cabe paling diburu pengunjung Stand Pertanian Masuk Kota Bersama Panah Merah Pos Kota’ di arena Flona  Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Meroketnya harga dua jenis sayur mayur ini di pasaran, membuat warga mencari alternatif untuk menanam sendiri. “Kalo memang mudah  menanamnya, ya mending nanam sendiri. Apalagi sekarang kan harga cabe dan tomat lagi mahal,” ujar Ny. Warsiti yang datang ke Stand Pertanian Masuk Kota bersama keluarga. “Kami beli benih tomat dan cabe.”
Hal yang sama juga diakui Ny. Ningsih, pengunjung lainnya. Selain hobi, menanam tumbuhan produktif seperti sayuran juga menguntungkan. Bukan hanya dari segi kebersihan dan  kesehatan terjamin, memetik hasil panen merupakan kepuasan tersendiri. “Kalau melihat  tomat dan cabe sudah panen puas banget rasanya. Cukup tiga bulan saja,” ungkapnya.

KAUM IBU

Fatur, petugas stand, mengungkapkan di hari kedua pelaksanaan Flona,  peningkatan jumlah pengunjung cukup siginifikan. Kebanyakan dari mereka adalah kaum ibu. “Benih cabe dan tomat laris manis di hari kedua ini. Mungkin mereka berpikir harga dua jenis sayuran itu saat ini tengah mahal,” tandasnya.

Adapun benih yang banyak diburu adalah benih sachet yang dijual dengan harga Rp10 ribu. Setiap sachet berisi sekitar 100 benih. Dengan benih unggul ini, Fatur mengungkapkan setiap benih cabe akan menghasilkan sekitar 1,5 Kg. Sedangkan tomat dapat diperoleh sekitar 3 Kg. “Dari sisi ekonomi, memang cukup menguntungkan jika menanam sendiri komoditi ini,” ucapnya.

PELATIHAN GRATIS

Bukan hanya pengunjung, animo masyarakat untuk mengikuti pelatihan pertanian gratis juga cukup tinggi. Selain individu, tidak jarang dari mereka mendaftar secara berkelompok.

Plt Ketua Koperasi Karyawan Pos Kota, Ballian Siregar mengatakan, untuk kategori kelompok minimal terdiri dari 10 orang. Sedangkan untuk jadwal pelatihan gratis dibuka tiga hari dalam sepekan. Yakni Rabu pukul 10.00 dan pukul 14.00, Sabtu pukul 10.00, pukul 14.00 dan pukul 16.00, Minggu pukul 10.00, pukul 14.00 dan pukul 16.00.Pameran ini berlangsung selama satu bulan dari tanggal 22 Nopember sampai dengan 21 Desember 2014. 


0 komentar :

Posting Komentar