Kamis, 30 Juni 2011

Minum susu unta, wisata alternatif di sela ibadah umroh

[Kamis, 30 Juni 2011] Jemaah umroh dan haji Indonesia yang kebetulan memiliki waktu luang saat berada di Mekkah, tak ada salahnya mengunjungi sejumlah peternakan unta di Hudaibiyah untuk mencicipi susu unta. Hudaibiyah yang letaknya berada sedikit di luar Kota Mekkah, menuju Jedah, memang menjadi salah satu daya tarik sendiri bagi jamaah umroh dan haji dari berbagai negara untuk melihat unta dari dekat sekaligus minum susunya.

Untuk datang ke lokasi itu jemaah sebaiknya menggunakan bis atau mobil carteran yang dibawa dari Mekkah, karena jika menggunakan kendaraan umum akan sulit turun di lokasi dan kembali ke Mekkah. Jangan berpikiran peternakan unta yang ada di tepi jalan raya Mekkah-Jedah tersebut dikelola dengan baik seperti dengan tersedia restoran, tempat istirahat atau menjual cinderamata. Peternakan di situ merupakan hamparan luas padang pasir tandus dan dibiarkan terbuka alami dengan dikelilingi bukit batu cadas tanpa ada tempat tertutup untuk mengurangi sengatan matahari.

Kalaupun ada tempat tertutup hanyalah tempat istirahat bagi penjaga unta dengan kondisi yang sangat tidak layak bangunannya karena tendanya sudah robek-robek dan penuh tambalan di sana-sini. Sementara unta yang dipelihara dikumpulkan dalam suatu kandang terbuka yang hanya dibatasi oleh kawat yang sangat sederhana. Tujuannya agar unta tidak lari kemana-mana.

Soal bau kotoran unta, jangan ditanya lagi. Begitu turun dari kendaraan aroma bau menyengat sudah terasa. Bagi yang tak kuat silahkan sebelumnya menyiapkan dan memasang masker penutup hidung. “Saat musim haji banyak orang asing datang ke sini. Orang Indonesia juga banyak yang ke sini,” kata Muhammad, seorang peternak yang bertugas menjaga unta dan menjual susu unta.

Dia yang mengaku bukan pemilik tapi hanya sebagai pesuruh mengatakan peternakan unta yang dikelolanya memiliki sertifikat kesehatan susu, sehingga aman dikonsumsi. Muhammad yang sudah dua tahun bertugas menjaga dan menjual susu unta tersebut, mengaku banyak orang asing yang datang berkunjung dan membeli susu unta. “Umumnya yang datang memang orang asing karena di negaranya mungkin tidak ada unta. Susunya pun kita jual langsung kita perah dari unta,” katanya sambil memeragakan pemerahan susu.

Harga susu yang dijual tidak terlalu mahal, yaitu per botol ukuran 0,3 liter dijual lima riyal (1 Riyal sekitar Rp2.500). Dia mengatakan susu yang dijual hari itu, hari itu pula diperas dari unta dan bukan merupakan susu yang diperas beberapa hari sebelumnya karena memang di situ tidak ada lemari pendingin untuk menyimpan susu. Muhammad menjamin susu yang dijual asli tanpa bahan pengawet dan rasa tambahan seperti gula dan pewarna.

Jemaah Indonesia yang datang terlihat banyak yang sekedar foto-foto dengan latar belakang unta dan ada pula yang membeli dan mengonsumsi susu di situ.
Katanya sih, susu unta bisa memperhalus muka ? Ikut mencoba nih....

Khasiat Susu Unta

Masyarakat arab umumnya menjadikan air susu unta sebagai pencegahan dan pengobatan penyakit diabetes (baca dalam bahasa arab buol sukari ) dan penyakit jantung. Orang arab zaman dahulu minum air susu unta untuk bisa bertaham hidup di gurun pasir. Susu unta kaya dengan kandungan vitamin B, vitamin C dan mineral yang sepuluh kali lebih banyak dari pada susu sapi. Susu unta mempunyai kadar lemak jenuh yang lebih sedikit di bandingkan dengan susu sapi. Dengan mengkonsumsi susu unta tubuh anda menjadi lebih segar.

Susu unta mempunyai khasiat diantaranya:

  • 1. Kandungan zat besi dalam susu unta berfungsi mengangkut oksigen ke jaringan paru-paru dan mengangkut elektron dalam peroses pembentukan energy.
  • 2. Susu unta mengandung perotein yang tinggi yang berkhasiat menghindarkan bahaya mikroba dalam tubuh.
  • 3. Susu unta mengandung zat besi yang tinggi yang berkhasiat mencegah pengeroposan tulang / osteoporosis
  • 4.Susu unta dapat di jadiakn bahan masker kecantikan seperti susu kambing yang telah banyak di gunakan sekarang ini.

Selain khasiat diatas susu unta juga mempunyai kelebihan sebagai sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki sistem pencernaan pada tubuh manusia.



0 komentar :

Posting Komentar