Selasa, 26 Oktober 2010

Lahan Pertanian dan Peternakan di Balaraja

Selasa, 26 Oktober 2010. Kujungan kami di pertanian dan peternakan di Balaraja kali ini, merupakan suatu usaha kami mencari masukan bagaimana cara kami untuk segera memiliki sebuah usaha. Sehingga, ketika Arif Adinoto mengundang untuk mengunjungi pertanian dan peternakan milik orang tuanya, kami sangat antusias menyambut undangan tersebut.

Lahan, yang tersedia, cukup luas sekitar 7 hektar, yang dibagi menjadi beberapa bagian. Diantaranya, ada pertanian buah Naga. Sungguh, baru pertama kali ini kami melihat pohon penghasil buah Naga. Buah Naga merupakan buah yang berasal dari China, itu penjelasan dari Arif Adinoto.
Buah Naga yang mulai berbuah, wah..... mantap nih !
Ditempat yang lain, terdapat lahan yang disediakan untuk pembenihan ikan lele. Untuk pembenihan menggunakan plastik terpal yang dibuat kotak dengan penyangga bambu atau kayu. Sedangkan untuk ikan lele yang sudah besar akan dipisahkan, menurut ukuran setelah beberapa minggu. Sehingga, ikan lele yang lebih besar akan dimasukan kedalam kolam dari tanah yang digali.


Ada juga lahan yang diperuntukan untuk kambing atau domba. Namun, saya pada saat kami lihat, kandangnya kosong. Lahan yang diperuntukan peternakan kambing ini cukup luas, dan tersedia pakan rumputnya yang memang sudah disediakan.
Lahan lain yang dipersiapkan di lokasi ini, terdapat juga untuk lahan peternakan bebek. Untuk penetasan dan juga untuk pembesaran. Peternakan bebek ini tidak diumbar kepekarangan tetapi dilokalisir dalam bedeng yang memang dipersiapkan untuk pembesaran. 
Di dalam areal pertanian dan peternakan ini, terdapat juga huler untuk penggilingan padi, yang merupakan hasil dari pertaniah sawah dipinggiran lokasi yang cukup luas. Tempat huler ini, dikelilingi oleh lahan tanaman buah Naga. Cukup banyak juga pohon buah Naga ini, info dari Arif Adinoto jumlahnya mencapai ribuan lho. Ini foto-fotonya yang saya ambil.
Beberapa lahan ditanami juga, buah Nanas.


Kami menyusuri di ujung lahan, yang merupakan tanah sawah dan pembesaran ikan lele. Ini gambar foto yang saya ambil. Banyak juga ya, ikan lelenya?
Sabar-sabar, jangan rebutan semua kebagian kock...........!

0 komentar :

Posting Komentar